Produk Sudah Dimasukkan Trolley Belanja
Lihat Trolley dan Bayar Lanjutkan Belanja
Added to Wishlist
OK

Panduan Menulis Cerita Cinta

Oleh: Irfan S. Fauzi         Diposkan: 02 Jan 2019 17:06:08 PM Dibaca: 163 kali


Seorang penyair kelimpungan. Puisi yang ia bikin tumbuh di luar jari-jemarinya. Huruf-huruf yang dideretkan menjadi kata bekerja tak sesuai maksud ketika ia mulai menoreh. Waktu itu, hari mungkin mulai malam. Gelap membuat penyair kita ini makin kerepotan mengejar huruf “A” – sebuah pembuka untuk dua puluh lima huruf lain yang mampu menjadi tak terhingga – yang lari dari puisi-puisinya.

“Huruf itu,” tulis Beni Satryo dalam puisi Peluk Luka, “angslup ke dalam sebuah peluk.” Kedatangan “A” dalam peluk bukannya menjadi kabar gembira. Peluk menjadi sesuatu yang bukan saja lain, tapi juga bertentangan: menjadi luka // Lalu luka.

Dalam puisi yang dihimpun dalam Pendidikan Jasmani dan Kesunyian (2016) ini, Beni tak sekadar menganggap suatu kepayahan bisa mengakibatkan kacau banyak hal. Ia juga menilai kalau peluk dekat dengan luka. Kalau cinta dan muram adalah dua hal yang terus berkelindan. Alih-alih saling meniadakan, pertentangan ini malah saling bersisian. Erat sekali.

baca juga: Pertemuan dengan F. Budi Hardiman: Sebuah Renjana Filsafat

Cinta semacam itulah yang akan kita bicarakan kala membaca What We Talk About When We Talk About Love garapan Raymond Carver. Bagi Carver, membicarakan cinta berarti juga membicarakan kemurungan. Cerita-cerita yang mendominasi buku ini adalah cerita tentang pecinta yang terkena luka, bukannya pelukNamun yang menarik, Carver tidak mereka dunia yang berpusat pada derita si pecinta. Si pecinta hanya menjadi bagian dari dunia yang bagaimana pun, akan terus berjalan. Ini membikin cerita tak menjadi kelewat cengeng atau sentimental. Ketidakcengengan ini terberkati atas keliahaian Carver memilih narator.

Dengan narator yang berjarak dari nasib apes, pencerita lebih gampang menjaga diri agar tak terseret kesedihan. Ia bisa menjaga diri agar tetap “sekadar” menuturkan cerita. Dan dengan sendirinya, juga merespons kesedihan itu. Yang belakangan, anehnya, justru membuat pembaca makin bersimpati pada derita si pecinta.

Katakanlah dalam cerita Oleh-Oleh. Cerita dinaratori seorang anak yang menceritakan kembali cerita ayahnya. Ayahnya berusia lima puluh lima. Si anak yang bekerja sebagai agen penjualan buku tiba-tiba terpikir buat bertemua ayahnya. Setelah perceraian ayahnya dengan ibunya dua tahun lalu, ia belum pernah bertemu si ayah. Pertemuan terjadi di bandara. Tak seperti anak muda, bagi orang tua, dua tahun bukan waktu yang panjang untuk dapat mengubah penampilan, baik fisik atau pun cara berpakaian. Tapi, jarak dua tahun itu sudah cukup membuat si anak pangling.

baca juga: Oligarki Media yang (Tetap) Menggurita

Kita bisa menduga, yang mengubah si ayah bukan waktu dua tahun, tapi kesepian yang menumpuk. Dan bertemu anak membuatnya lega. Tanpa menderet banyak basa-basi, lelaki tua itu membuka pecakapan. “Kuharap kejadian itu membunuhku,” katanya, setelah minum satu tegukan besar, lalu menandaskan sisanya. Tegukan ini agaknya mengisyaratkan  beban yang berjejal dan ingin ia luruhkan tapi tak pernah sempat. Dan detail semacam “tegukan besar” akan banyak kita temui dalam cerita-cerita lain. Tak perlu lewah, deskripsi cerkas Carver sanggup bikin impresi yang kuat pada benak pembaca.

Kejadian yang lelaki tua maksud adalah perselingkuhan. Ia berselingkuh dengan penjual keliling langganan istrinya. Seorang wanita tiga puluh tahun, dengan dua orang anak dan suami seorang supir truk yang berkecukupan. Ia berjualan hanya buat mengisi waktu senggang. Lelaki tua ini tak tahu apa yang terjadi pada dirinya. Puluhan tahun pernikahan, ada saat di mana ia pernah ingin berselingkuh dan punya kesempatan tapi tak pernah ia lakukan. Tapi dengan wanita ini, jari-jarinya bahkan bergetar saat hendak menyalakan rokok si wanita.

Kita membaca betapa terpuruknya pak tua ini. Dalam kesedihan yang sepi – menghadapi hari tua dengan perceraian – yang ia butuhkan hanya teman bercerita. Tapi anaknya barangkali bukan orang yang tepat. Seringkali narator kita ini malah memerhatikan kejadian lain di bar, atau hanya menanggapi dengan satu kalimat pendek. Namun, di tengah nasib buruk yang menimpanya, lelaki tua ini masih memikirkan cucunya. Ia menitipkan oleh-oleh pada narator kita untuk diberikan pada anak dan istrinya. Seperti dalam cerita Mandi, kita tahu, dalam percintaan, yang memberi justru yang mendapat kebahagiaan lebih. Oleh-oleh adalah upaya pak tua memanipulasi kesepiannya.

baca juga: Pesantren Tak Melayani Cebong dan Kampret

Sayangnya, si narator tak menganggap itu penting. Ia bahkan baru ingat pemberian ayahnya dalam perjalan pulang. “Tak apalah,” kata narator kita. “Mary tak butuh permen, Almond Roca atau apa pun. Itu tahun lalu. Sekarang ia lebih tak butuh lagi.” Respons “bengis” ini membuat kita makin merasakan kesendirian pak tua. Ia seperti berada dalam kamar yang gelap yang berada di dalam rumah yang gelap. Di luar rumah, kota benderang dan riuh dengan kesibukan seakan untuk menemaninya, tapi tidak.

Namun, kelihaian Carver memilih narator adalah satu hal. Selain ketelitian dalam menunjukan detail, yang membikin ceritanya menyenangkan adalah kekuatan dialog. Seperti cerita Oleh-Oleh, kita juga akan menemukan banyak cerita yang sebenarnya terasa sangat sehari-hari, tetapi, dengan kemampuan itu, ditambah kemangkusannya membungkus dengan kata, membuat peristiwa yang ia kisahkan melampaui perasaan “sekadar dekat”.

Salah satu yang ikut tumbuh bersama waktu dalam diri kita adalah gengsi. Ia sering pula dianggap sebagai kehormatan diri. Ketika bocah, kita bisa berantem dengan teman pada pagi dan bermain bareng siangnya. Saat dewasa, perselisihan menjadi nganga yang begitu jauh. Hubungan penuh gengsi ini diceritakan Carver, misalnya dalam Aku Bahkan Bisa Melihat Benda-Benda TerkecilDialog yang bersahutan dalam cerita ini membungkus keinginan merekatkan nganga antara dua orang dewasa. Si-aku, Istri Cliff, keluar rumah pada tengah malam dan menemukan Sam, tetangganya, sedang mengusir siput.

baca juga: Ketika Sapiens Tak Lagi Relevan

Cliff dan Sam mulanya kawan karib, tapi suatu peristiwa membuat mereka membikin pagar di rumah dan diri mereka. Kita cerap kalimat yang disampaikan Sam pada Istri Cliff: “Kata Sam, “Nanti waktu aku keluar lagi untuk menangkapi siput-siput ini, aku akan memeriksa ke arah rumah kalian.” Dia bilang, “Kuharap aku dan Cliff sudah berteman lagi. Coba sekarang lihat itu.”” Seperti teman dekat, Sam bersedia repot menangkapi siput di rumah Cliff. Tapi yang sebenarnya pengin ia sampaikan adalah keinginan kembali dekat. Hanya saja ia ragu dan lantas segera mengalihkan pembacaraan ke siput. Sam kelak juga masih ragu ketika ingin menitipkan salam. Ia butuh jeda dan menghentikan langkah istri Cliff sebelum kembali ke rumah.

Gengsi yang dibungkus dialog apik juga muncul dalam Satu Hal Lagi yang bercerita tentang keluarga payah. Seorang istri yang ingin mengusir suaminya. Bagi si istri, suaminya tak lebih berguna ketimbang toples acar. Dalam cerita ini, dialog terasa repetitif. Tapi justru karena itulah gengsi tergambarkan secara apik.

Kumpulan cerita ini adalah sebuah pakansi pembaca melihat cinta menurut Carver. Bagi Carver, cinta adalah keterasingan. Cinta membuat yang mencinta terjerembap ke dalam labirin. Pecinta menapakkan kaki di sana, dan dengan itu, merasa memiliki pijakan dan kuasa atas labirin. Tapi sebernarnya, ia tak pernah. Ruang itu selalu asing dan tak pernah terkuasai.

  •  

Judul: What We Talk About When We Talk About Love

Penulis : Raymond Carver

Penerjemah: Dea Anugrah dan Nurul Hanafi

Penerbit: Baca

Tebal: 208 halaman

  •  

Apabila Anda berminat untuk mengirim tulisan, sila baca syarat dan ketentuan mengirim tulisan.



0 Komentar

Tinggalkan Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:

TESTIMONI

  • Recomended untuk kawan-kawan

    Ilyas
  • Saya suka motto mu Kawan, "Membaca adalah Melawan!"

    Andreas
  • Tidak kemana2 tapi dari mana2 :) Good Job Berdikari

    Mutiara
  • paketnya sudah sy terima. rasanya spt dpt harta karun jarang2 bisa dpt buku kyk gini. penjualnya sangat membantu dan responnya cepat sekali. terimakasih banyak. moga2 nanti bisa balik lagi n belanja disini.

    Arisnawaty
  • Paket sampai sesuai dgn perkiraan waktu dan packaging rapi

    Nabila
  • Cepat sampai.. Cepat respon bagus pelayananny

    Amanda
  • paket sudah di twrima,packing rapih

    Budhie
  • Kapan-kapan bisa main langsung ke Berdikari ini

    Erik
  • paket rapi dan buku mendarat dengan aman. sepertinya bakal balik lagi ke berdikari book recommended untuk kawan- kawan mau belanja buku

    akbar
  • Belajar

    Abeng
  • Packaging rapi banget! Pelayanan cepat dan estimasi tepat. Koleksi buku juga banyak. Maju terus, Berdikari! Mari membaca untuk melawan!

    Nada
  • Bukunya sudah sampai, terimakasih Berdikari Book. Semoga ketersediaan bukunya semakin beragam. Membaca adalah melawan!!

    Andika agung gondo kusumo
  • Barang sudah sampai, pelayanannya bagus dan cepat.

    Dena Diana Putri
  • Paket received,, tres bien berdikari

    Christy
  • Terimakasih berdikaribook.red paketnya sudah sampai tepat waktu dan dalam kondisi baik. Buku2 yg dijual sangat recommended!!!

    Fikar
  • Benar-benar dunia membaca yang menggerakkan mulut saya untuk tidak bungkam!

    Fird
  • Paketnya sampun diterima.. Terimakasih

    Budz
  • Terima kasih berdikari book buku sudah sampai tepat 1hari (pagi yg miring kekanan) #membacaadalahamelawan

    Trad (Tradizione)
  • Mantep! Tiba sesuai estimasi, respon oke.

    Osep Bana
  • Terima kasih, Berdikari Book. Kami jauh dari ujung atas Sumatera.. tapi bukunya sampai dengan cepat, aman & sentosa.. Ada bonus pembatas buku & stiker pula.. Berdikari Book semoga tetap Merdeka..!

    Irfan Morris
  • Mantab bung, nggak pernah mengecewakan.

    Ridho
  • Paket buku mendarat dengan selamat. Terimakasih BerdikariBook

    Sinatrian Lintang Raharjo
  • Terimakasi berdikaribook, kayanya bakal balik lagi dah

    Niko Fajar
  • Buku udah nyampe, tpi sedikit penyet tapi sedap di baca

    Fany fatullah
  • Kalau sudah kirimkan uang , konfirmasinya bisa lewat wa ga?

    Burhanudin
  • Packingnya rapi banget. Bukunya ga ada lecet sedikitpu. Rekomended bgt buat yg nyari buku2 bersifat idealisme. Beli buku disini Dapat sticker keren pula.

    Ayu
  • Sudah 2x beli disini, sangat recomended! #MembacaAdalahMelawan

    Mr. A
  • Buku-bukunya keren-keren broh. Ketagihan kalo udah di web sini. Pasti.mau beli sesuatu...

    Docallisme
  • bukunya sudah mendarat dengan selamat, makasih admin.

    muslimah syawals
  • Buku sampai pada tujuan dengan baik.

    Fikri
  • Pengirimannya lama padahal sama-sama di Yogyakarta

    Anonim
  • Paket mendarat dengan selamat sesuai perhitungan, packaging rapi sampai gue simpan itu plastik merah yang isinya wejangan dari sini, abang kurirnya asik

    Adelia Puteri
  • Paket sudah sampai..terimah kasih

    Hengky.H
  • Syukak bukunya, Cepat di proses cepat juga datangnya

    Mulyy mustafa
  • Paket sudah diterima. Sesuai ekspetasi. Terimakasih atas bonusnya bydewey n_n

    Indra Kurniawan
  • Pelayanan sangat mantap

    Albert Aldo Hugo Kenneth Gultom
  • Thanks der, barangnye udah sampe, giting abis.

    Dimas
  • Pelayanan ramah, cepat, dan akurat. Packing rapih bngt, dan dpt free 1 buku tambahan, free sampul, free stiker. Bikin nagih beli lagi. Good job (y)

    Yusuf Wibowo
  • Pelayanan ramah, cepat, serta sistem website yang baik dalam memudahkan pembeli untuk mengecek barang yang dibelinya. Toko buku online Indonesia #1 yang pernah saya temui.

    Rafi Alifudin
  • Bukunya Sudah Sampai dengan Sangat cepat.... Terima Kasih Berdikari

    Fitra Sugiyono
  • Buku sudah saya terima, selalu suka sma packaging berdikari dan terimakasih stikernya

    Vischa
  • Mulai dari buku, pelayanan bahkan sampe pembungkus paketnya bikin nagih, wkwk. Gak sabar buat order lagi. Sukses terus berdikari book !

    Permata K.
  • Paket sampai sesuai jadwal dan packing rapi. Mantap. Suwun, dab!

    Komang Raditya Gunarsa
  • Keren buku2nya. Tidak akan mengecewakan

    Arief Setiawan
  • Barang sampe dengan selamat, makaseh berdikari jadi tongkrongan isinya ga push rank doang

    Maulana Yusuf
  • Bukunya sdh sampai.., packingnya juga bagus dan rapih, recomended untuk yang ingin menambah ilmunya dengan membaca

    andi
  • Mantab bener emang, paket yg dikirim bener2 rapi membuat semakin termotivasi untuk membaca. Panjang umur perjuangan bung!

    Rafli
  • Paket sudah sampai, Terimakasih berdikari book.

    Lannie
  • Buku dh sampe, cepet, rapi, bungkus unik. Trims

    Miqdad
  • Mantap gak harus nunggu lama buku cepet sampe , packing rapih

    Fiqih jati
  • Barang sudah sampai bung, Terima kasih berdikabook semoga bukunya bermanfaat. "Baca terus sampe mampus"

    Wirahadi Kusuma damar
  • Baca, Baca, Merdeka lah ! Paket Buku BBM-nya sudah sampai di bogor dengan selamat sentosa, packing nya rapih, prosesnya cepet, jadi ketagihan pengen order buku disini lagi. Mantap Bung!

    Topik
  • Paketnya sampai sesuai estimasi & di kemas secara apik. Keren. Membangkitkan kesadaran akan pentingnya membaca. Terima kasih Berdikari Book.

    Saiful
  • 2 hari nyampek tujuan dengan mulus bukunya

    Zulva
  • bukunya menarik", juga admin dan pelayanan di tempatnya sangat baik. recommended sekali.

    Rifky
  • Paket sudah saya terima,terimakasih

    Cahyani Aulia Hidayah
  • Paket bukunya sudah diterima dengan baik, Terima Kasih Berdikari Book, Makin sukses jaya dan makin lengkap opsi buku2nya.

    Nisa Basti
  • Bukunya sudah saya terima. Packing yang rapi, aman dan kalimat di sampulnya sangat menggugah untuk membaca, membaca dan terus membaca........ Terima kasih sudah dibantu untuk proses ulang pemesanan. Terima kasih....

    Danang Anggoro
  • Buku ini melebihi ekspektasi saya, bener bener bagus,saya merekomendasikan buat beli buku disini, karena pelayanan yang terbaik dan memuaskan. good job berdikari book!

    Sultan H
  • Buku yang dipesan datang tepat waktu, sukses selalu buat Berdikari Book!

    Mujahid
  • Mantap banget bung! Pelayanan yang memuaskan. Paling suka buku Sherlock Holmes karangan Sir Arthur Conan Doyle.

    Widya Retno Palupi
  • Buku sudah sampai dengan selamat, dengan kondisi yang masih mulus, terima kasih

    Murdianto Dian
  • Pesanan saya sudah sampai. Terharu dan senang sekali rasanyaaaa :') pengirimannya cepat, packaging-nya menarik, waktu buka isinya.. Kaget. Banyak banget kertas-kertas kecilnya. Terima kasih, semoga sukses selalu dan semakin maju. ILYA♥

    Safira PN
  • Makasih berdikari book semoga buku nya bermanfaat, "Baca terus sampe mampus"

    Wira
  • Terima kasih banyak, bung. Paket bukunya sudah sampai dengan cepat & rapi. Sangat memuaskan. Seperti mendapat harta karun pengetahuan.. Thank you juga bonusnya ya, Kawan.. sekali lagi, terima kasih banyak..!

    Irfan Morris
  • Terima kasih banyak, bung. Paket bukunya sudah sampai dengan cepat & rapi. Sangat memuaskan. Seperti mendapat harta karun pengetahuan.. Thank you juga bonusnya ya, Kawan.. sekali lagi, terima kasih banyak..!

    Irfan Morris
  • Buku udah nyampai,packing rapi. Bacaan memarik tentang pangan dan paket mengenal Tiongkok.

    Ikhsanrosyid
  • Rindu berdikari

    Resty Yasqi
  • Puas banget, packingnya rapih mantap deh

    AGUSTIO
  • Tepat waktu. Baru sampai dan balutan merah yang rapi. Tapi, tolong ijinkan saya sedikit menambahkan sebuah kata di salah satu stiker berdikaribook.red.

    Uncle Tob
  • Terima kasih paket sudah sampai dengan bonus-bonusnya

    Yose R
  • Sudah datang

    Amami
  • Paket sudah diterima komandan, kondisi rapi&memuaskan

    Erlian afna r
  • paket sampai dengan selamat sentosa.

    banu
  • terima kasih . buku mendarat dengan aman dan sempurna. semoga propaganda nya tersampaikan.

    D.N Aska
  • Bukunya keren , Selalu cepat pengirimanya ,

    YODA
  • Bukunya sudah sampai, terimakash luarbiasa ,

    Arya sidoarjo
  • Buku paketnya sudah sampai. Sungguh packing rapi dan diberi bonus stiker dan pembatas buku penyemangat buat baca. Salut, kerjanya cepat sekali! Bakal beli lagi deh...

    Michael Andrew
  • Terimakasih banyak, buku anarki panduan grafis nya sudah sampai dengan baik dan tepat waktu.. Sukses selalu berdikaribook.red

    Barokah Campaign
  • Buku-bukunya luar biasa. Membaca adalah melawan

    Fadiel Muhammad
  • Respon cepat, pengiriman cpt, pengemasan buku rapi, suka sama slogan" berdikari book...

    Ardila D Setyarsi
  • Salah satu toko buku on-Line di Indonesia yang dapat dipercaya. Terkait dengan ke-aslian (originalitas) buku, maupun kesesuain janji dalam setiap promo-promo-nya.....semoga Rahmat dan ke-Berkah-an dari Tuhan Yang Maha Esa tercurahkan pada kita semua (sinkretis -monoteis)...amin...

    Moch. Edy Purwanto
  • Terimakasih Berdikaribook

    Muhamad Aldi Sofyan
  • Bacalah! Suka atau tidak sukanya kamu terhadap suatu bacaan, setidaknya bacaan itu akan menambah kosa kata yang kamu miliki dan menambah pengetahuan kamu.

    Allief
  • Mantap uda nyampe packingnya juga rapi,, recomended banget dah !

    Alex Gregorius Dony
  • Packing rapi, cepat, dan responnya baik. Rekomended :)

    Muly
  • Terima kasih Berdikari Book, paket novel Arah Langkah ber-ttd sudah mendarat di rumah saya dengan tepat waktu beserta packaging yang rapi dan lucu

    Atika
  • Terlambat sadar, bahwa ada aplikasi yang menjual buku-buku keren dan fenomenal~

    Ajengaprl
  • Salam Hangat By' Timur oioi

    Timur oioi
  • Terimakasih... Nanti lagi...

    Telah mendarat selamat
  • Panjang umur BerdikariBook!

    Miftah Regyana
  • 1 hari pesan , besok sampai. Mantab bung, terimakasih untuk packing yg rapih dan beberapa hadiah dalam paketannya.

    Erick Estrada
  • Barang udah sampai, mendarat dengan mulus.

    Harrys D.
  • Sesuai ekspektasi. Packing mulus terbaek lah. . .

    Yoga Jalu
  • Suka banget. Packing rapih, waktu juga sesuai dengan perkiraan. Stiker dan pembatas bukunya juga keren bikin semangat baca. Makasih min

    Qaulan Syadida Azzahra
  • terima kasih bukunya suda saya terima.. recomended book store..

    vico
  • Akhirnya bukunya sampai juga... pelayanan bagus.. packing bagus.. disampulin pula... rekomendasi banget buat balik belanja di sini lagi..

    Muhammad Risal
  • Pelayanan cepat, packaging rapi, promo kupon Ramadhannya mantap. Mudik ditemani buku, heu heu.

    Avif
  • Terima masih,paketnya mendarat dengan rapi dan lancar,sukses terus berdikari

    Fikri Dhia
  • Harga yang ditawarken sangat menarik, sekali kesini jadi ingin kembali lagi Dan semoga literatur klasik dari tokoh-tokoh Marxis seperti Marx, Engels, Lenin, Luxemburg, Mao, dll segera distock kembali

    Fajar F

PAYMENT METHOD

Image result for logo logo bank    Image result for logo logo bank bri png

Image result for logo bank mandiri png

SHIPPING METHOD

Image result for logo tiki png   Image result for logo pos png


Image result for logo wahana png   

MOBILE APP

Related image

Related image

MARKETPLACE

Image result for logo shopee png
Image result for logo marketplace shopee tokopedia bukalapak png
Related image